rentmotorjogjakarta

Rental Motor menuju Kotagede


makam kotagede, kotagede, pasar kotagede, cepuri kotagede, sendang kotagede

Mendengar kata Kotagede apa yang terlintas dalam benak kalian Sob? Pasti kebanyakan yang dikenal adalah Coklat Monggo dan Kerajinan Peraknya. Tapi pernah taukah kalian bahwa Kotagede ini adalah cikal bakal dari Kerajaan Mataram Islam yang menguasai hampir seluruh tanah jawa.

 Jadi sedikit cerita sejarah bahwa kotagede ini dulu merupakan Alas Mentaok (Hutan Mentaok) yang dihadiahkan oleh Sultan Pajang kepada Ki Ageng Pemanahan, hadiah tersebut diberikan kepada beliau karena Ki Ageng Pemanahan mampu mengalahkan musuh terbesar Kesultanan Pajang. Oleh Ki Ageng Pemanahan Alas Mentaok ini dirubah jadi suatu desa. Setelah meninggalnya Ki Ageng Pemanahan, Senopati Ingalaga sebagai putranya menggantikan posisinya Ayahnya dan menjadikan Desa kecil ini menjadi kota besar yang sangat ramai dan dinamakanlah KotaGede.

 Kotagede ini juga merupakan Kerajaan yang unik dan menjadi satu-satunya Kerajaan yang tidak dipimpin oleh Sultan. Yang mana semestinya suatu Kerajaan Mataram Islam pada masa itu dipimpin dengan gelar Sultan sebagai Rajanya. Ini semua dikarenakan untuk menghormati Sultan Hadiwijaya dan Pangeran Benawa. Puncak Kejayaan Kerajaan Kotagede ada pada masa Raden Mas Rangsang yang lebih dikenal dengan Sultan Agung.

 Memory masa kejayaan kerajaan tersebut masih bisa sedikit kita nikmati, dari sebagian beteng kerajaan, pemandian, masjid sampai bentuk rumah joglo khas jawa dari penduduk sekitar. Bahkan jajan pasar pun masih lengkap di pasar kotagede, seperti kipo, cenil, geplak, putu, cemplon, timus, tiwul, gatot, grontol, dll.

 Untuk bisa menikmati seluruh sudut kotagede layanan transportasi yang paling tepat adalah dengan rental motor, rental sepeda, atau fun cycling kotagede trip. Ini dikarenakan  begitu banyak nya obyek  menarik yang harus melalui jalan-jalan sempit, yang hanya bisa dilalui dengan kalian rental motor ataupun rental sepeda. Berpikir untuk jalan kaki dalam penyusuran kotagede maka siapkan kaki yang kuat atau biasakan diri dengan jogging. Karena wilayah dalam dari bekas Kerajaan Kotagede ini cukup luas, dan dengan rental motor atau sewa sepeda akan lebih memudahkan dalam mengexplore Kotagede. Jangan sampai terlewatkan keunikan yang bermacam-macam dalam gang sempit kotagede, selalu abadikan dalam kamera kalian semua Sob.

 Untuk sewa motor jogja biayanya IDR 50K/24 jam sedangkan untuk fun cycling kotagede trip dikenakan biaya sebesar IDR 200/ pack include cycle, guide, and traditional meal.   

Sumber : http://rentmotorjogja.com/wisata/wisata-jogja/kotagede-kerajaan-mataram-islam/

 

 

This entry was published on November 25, 2013 at 7:09 pm. It’s filed under wisata jogja and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: